Kamis, 16 Desember 2010

Jeruk Dapat Mencegah Kanker Usus


Buah yang berkulit oranye ceria ini memang sudah populer. Rasanya asam segar dan dipilih sebagai sumber vitamin C yang bagus. Buat yang doyan makan jeruk, Anda bakal dapat manfaat ganda dari buah yang menyegarkan ini!

Buah yang memiliki beragam manfaat ini, memang sudah tak asing lagi. Ada puluhan varietas jeruk dari yang bercitarasa asam hingga manis. Walaupun berbeda warna, bentuk dan rasa, jeruk memiliki kesamaan, yaitu kaya akan antioksidan, tinggi mineral dan vitamin C.

Seperti buah-buahan lainnya, buah jeruk selain enak dimakan ternyata juga banyak manfaatnya. Jeruk tidak hanya dapat sebagai buah segar juga bisa diolah menjadi minuman dan aneka kue. Jeruk yang dibuat jus, merupakan pilihan menu sarapan yang klasik. Tentu saja sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi seharian.

Semua orang mengetahui vitamin C banyak di kandung oleh jeruk, satu jeruk dapat memasok 116,2% nilai harian untuk asupan vitamin C. Ternyata vitamin C juga dikaitkan dengan penurunan resiko kanker usus besar. Karena dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA.

Vitamin C juga memiliki peran penting untuk sistem kekebalan tubuh. sehingga baik untuk mencegah flu dan infeksi pada telinga secara berulang. Antioksidan yang terkandung dalam jeruk juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang kita ketahui sebagai penyebab adanya kerutan dan tanda - tanda penuaan pada wajah.


Makan jeruk setiap hari dapat membantu Anda terlihat muda di usia 50 tahun. Jeruk juga kaya akan vitamin B6, yang berfungsi membantu produksi hemoglobin dan kandungan magnesiumnya menjaga tekanan darah.

Menurut sebuah studi AS dan Kanada, senyawa yang ditemukan dalam kulit jeruk disebut Polymenthoxylated flavon(PMFs) punya khasiat lain. Zat yang beraroma segar menusuk ini dapat menurunkan kolestrol lebih efektif dari pada a obat - obatan.

Serat yang terkandung dalam jeruk dapat membantu menjaga kadar gula darah. Karena itu buah jeruk merupakan buah yang menyehatkan bagi penderita diabetes. Gula alami dalam jeruk, fruktosa dapat membantu menjaga kadar gula darah naik terlalu tinggi setelah mengkonsumsi buah jeruk.

Selain jeruk, buah dan sayuran lain yang kaya akan betakaroten adalah labu kuning, jagung, ubi jalar merah. Makan buah dan sayuran ini bisa mencegah resiko terkena kanker paru-paru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar