Kamis, 02 Desember 2010

Kenali 10 Makanan Agar Tidur Anda Lelap

Kenali 10 Makanan Agar Tidur Anda Lelap - Tidur adalah aktifitas yang paling penting dalm hidup. Biasanya, semakin banyak pikiran seseorang, akan semakin sulit dia untuk tidur. Kebiasaan ini juga berlaku bagi penderita insomnia. Yang tentu saja, berakibat turunnya stamina tubuh karena otak tidak berhenti bekerja. Namun hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat. Karena makanan ini merelaksasi otot yang tegang, menenangkan pikiran, serta mengaktifkan hormon untuk membantu tidur yaitu serotonin dan melatonin. Berikut daftarnya.


1. Pisang

Pisang seperti obat tidur alami yang paling mudah diperoleh. Selain mengandung melatonin dan serotonin dalam jumlah kecil, pisang juga mengandung magnesium, bahan yang dapat merangsang relaksasi otot.

2. Teh Chamomile

Teh Chamomile mempunyai efek penenang yang dapat menurunkan stress fisik maupun mental, membuat teh ini minuman yang cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur.

3. Susu hangat

Kebanyakan orang menganggap minum susu sebelum tidur adalah mitos. Segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu tidur anda, karena susu mengandung tryptophan. Yaitu asam amino yang mempunyai efek sedatif dan kalsium yang membantu otak untuk menggunakan tryptophan.

4. Madu

Madu dapat ditambahkan di dalam susu atau teh. Glukosa dapat meningkatkan energi. Namun bila dikonsumsi dengan jumlah sedikit, gula dapat memberitahu otak untuk menurunkan kinerja orexin. Yaitu neurotransmiter yang berhubungan dengan kesadaran Anda.

5. Kentang

Mengkonsumsi kentang rebus atau kentang panggang dengan jumlah sedikit di malam hari tidak akan menaikkan berat badan. Kentang membersihkan asam yang dapat mengganggu kinerja tryptophan di dalam tubuh.

6. Havermut (Oatmeal)

Makan havermut sebelum tidur adalah jalan tercepat menuju tidur, karena dapat merangsang produksi melatonin di dalam tubuh pada malam hari.

7. Kacang Almond

Almond adalah kacang yang baik bagi kesehatan jantung. Tetapi almond juga dapat membantu tidur Anda karena mengandung tryptophan dan magnesium.

8. Benih Lenan (Flaxseed)

Benih lenan kaya akan asam omega 3 yang dapat membantu memperbaiki mood anda. Mengkonsumsinya ketika sedang mengalami stress atau depresi berat, membuat tidur anda akan lebih nyenyak.

9. Roti Gandum (Whole Wheat Bread)

Sepotong roti gandum dan the sebagai pasangannya akan merangsang insulin di dalam tubuh. Gandum ini berguna untuk membantu kinerja tryptophan untuk bereaksi di otak. DTryptophan akan diubah menjadi serotonin yang memberi tahu otak untuk tidur.

10. Daging Kalkun

Daging kalkun adalah sumber yang sangat baik untuk tryptophan. Tryptophan bekerja ketika perut kosong dan tidak ketika sangat kenyang. Tetapi satu sampai dua potong dari daging kalkun bersama dengan roti gandum pada waktu sore hari, akan dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak. ( tempointeraktif.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar